Diposting oleh Unknown On 10.05

Salah satu hal yang berbeda di sekolah kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya di banding sekolah pada umumnya adalah model dan proses pembelajarannya.

Model pembelajaran di sekolah ini menggunakan pendekatan tematik. Di sini siswa tidak langsung diberi materi berdasarkan mata pelajaran, tetapi diberi materi secara terpadu.

Aneka mata pelajaran disajikan secara intergrated yang diikat dengan tema tertentu. Diharapkan dengan pendekatan ini anak didik bisa lebih mudah menyerap materi yang dipelajari, mengigat pemikiran anak pada usia SD memang masih dalam taraf operasional konkret (teori psikologi Piaget).

Tema pembelajaran diambil dari hal-hal konkret yang ada di sekitar kehidupan siswa seperti keluarga, kegemaran, binatang, tumbuhan dan lain-lainnya. Dari tema inilah guru kemudian mengkait-kaitkan dengan materi pelajaran yang relevan guna mencapai kompetensi yang ditargetkan.

Ada beberapa keuntungan dengan pembelajaran tematik seperti itu, antara lain:

Pembelajaran tematik diselenggarakan dalam suasana bersahabat, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa. Dikatakan bermakna karena siswa memahami berbagai konsep lewat pengalaman konkret. Anak memahami konsep baru melalui pondasi konsep lama yang telah dikenal dan dikuasai dalam kehidupan sehari-hari (konstruktivisme)

Siap Ribet
Memang ada berbagai konsekuensi logis dari pembelajaran tematik ini. Satu yang menonjol, guru jadi bekerja lebih keras. Guru harus siap "rebyek" karena harus mengkaitkan berbagai materi pelajaran dalam satu ikatan tema yang utuh. Satu tema umumnya berlangsung seminggu sekali.

Category : | edit post

0 Response to " "

Posting Komentar

Followers